Apa itu Bitmap dan Vektor

Rabu, 30 Januari 2013
Design Grafis erat kaitannya dengan Bitmap dan Vektor, dalam bentuknya sendiri kedua hal ini memiliki perbedaaan yang mendasar dan sangat jelas, perbedaan ini terlihat mulai dari software pengolahnya dan juga bentuk hasil olahan dari sofware yang berbasis bitmap dan vektor tersebut. Sebut saja photoshop yang saat ini umum digunakan orang untuk mengolah foto, nah dalam hal ini photoshop merupakan salah satu software berbasis bitmap. sedangkan vektor sendiri berbeda pula software pengolahan yang salah satunya adalah penggunaan software Corel Draw, Adobe Ilustrator, dan Freehand. software ini umum di gunakan oleh banyak orang dalam dunia design grafis seperti mendesign logo, banner berukuran besar dan lainnya. biasanya dalam dunia percetakan coreldraw menjadi salah satu sofware yang di gunakan dalam olah design mereka.
Sebenarnya apakah bitmap dan vekor itu?
kalau kalian cari di google pasti akan banyak menemui pengertian dari bitmap dan vektor yang panjangnya bejibun minta ampun, singkatnya disini saya akan menjabarkan penjelasan tentang bitmap dan vektor secara singkat dan mudah di pahami dan langsung ke inti.

BITMAP
Dari gambar di atas kalian pasti bisa menarik kesimpulan, gambar bitmap apabila di perbesar akan pecah-pecah. di situ juga terlihat jelas susunan foto yang terbentuk dari kumpulan pixel yang berbentuk kotak-kotak yang membentuk gambar. nah dalam hal ini biasanya ukuran file penyimpanan bitmap relatif besar dengan format penyimpanan file berbentuk PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP.

VEKTOR
Diatas kalian akan melihat sebuah foto yang telah di rubah ke basis vektor *kartun, nah telihat bukan perbedaannya. pada gambar diatas bagian yang di crop dan di perbesar tidak pecah-pecah dan kualitas gambar tetap baik, gambar di atas di olah dengan sofware Coreldraw. Format penyimpanannya adalah .CDR, untuk sofware lainnya format penyimpanan dapat berupa AI, FH, EPS dan TIF. besar ukuran file penyimpanannya relatif kecil. Design berbasis vektor biasa di pakai untuk mencetak file dengan ukuran besar sperti spanduk, baliho atau poster.
karena bitmap sudah terlalu Mainstream
Nah sedikit banyak sudah tau bukan tentang perbedaan bitmap dan vektor serta pengertiannya. semoga artikel saya tentang perbedaan bitmap dan vektor di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua.oh iya foto kartun di atas saya bikin sendiri dengan coreldraw, nah kali aja ada yang pengen barteran artwork, yuk mari saya siap dan berkenaan sepnuh hati.
salam gaul...

12 komentar | Tambahkan Komentar(+)

Elyna Fazriyati mengatakan...

naaaaahh iyaaa tuh... aku malah lagi belajar vektor sekarang sekarang ini.
masih pemula banget siih. hehhehee...
keep posting bang :)

Unknown mengatakan...

nah bagus*.. ^^
mari sama* belajar. nanti abang pandu :D hehee

Anonim mengatakan...

mas'e ahli desain ya?
Tk tunggu artikel tutor photoshopnya mas, hehe

Unknown mengatakan...

gak juga sih,
lah juga ini baru belajar.. :p
siap,,, ^^

Muhammad Syahroyni mengatakan...

Nah bener-bener.
kebetulan gue juga lagi belajar vektor ni.
lagi bosen di artwork 3D

btw, tambahin id komentar nya untuk yang nama/url donk.
susah gue mau ngomen kalau gak punya akun blogger.
Bang Oi Blog

Anonim mengatakan...

wuih, jago bikin vektor nih~ :D

Unknown mengatakan...

@bangOi ...ajarin blender + 3d max bang :D
heheh

sipp...diusahakan bang :D

Unknown mengatakan...

@popnote .. masih belajar* aja nih sob ..hehee thanks dah balik sini

Anonim mengatakan...

sudah tak posting mas cra ngblog lwt opmin,

Unknown mengatakan...

okeeeee meluncur ke tkp....

Anonim mengatakan...

5f sob, artikel kurang lengkap, cuz kterbtasan cpu hp yg hnya 434mhz + koneksi yg kpentok di edge, hehe,

Unknown mengatakan...

:D haha gak apa* sob,, yg pentng singkat padat dan jelas..
gue nangkep kok .. :D btw keren sob .. hihihi

Posting Komentar